Kamis, 24 Februari 2011

6 Program 'Serba Murah' SBY untuk kesejahteraan rakyat

Presiden SBY menjanjikan enam program 'serba murah' kepada masyarakat. Keenam program ini mencakup soal rumah hingga listrik murah, yang alasannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Kita berencana untuk meningkatkan dan memperluas program-program pro rakyat dengan 6 program baru," jelas SBY saat memberi arahan dalam raker pemerintah bidang ekonomi di Istana Bogor, Selasa (22/2/2011).

Keenam program 'serba murah' yang dijanjikan SBY adalah:
Program rumah sangat murah
Program kendaraan angkutan umum murah
Program air bersih
Program listrik murah dan hemat
Peningkatan kehidupan nelayan
Program peningkatan masyarakat pinggiran perkotaan
"Enam program ini akan saya angkat ke depan," janji SBY.

SBY menjelaskan sedikit mengenai beberapa program tersebut. Untuk program rumah murah, SBY mengatakan akan menyediakan rumah seharga Rp 20-25 juta untuk rakyat berpenghasilan rendah.

"Pembeliannya dengan kredit sangat lunak, karena pemerintah membantu sebagian biaya pembeliannya," jelas SBY.

Sementara untuk program air bersih, SBY mengatakan tak akan ada lagi krisis air di Indonesia di 2025. Akan dialokasikan dana yang besar dari APBN untuk penyediaan air bersih.

SBY juga menjanjikan listrik murah dengan memerintahkan PLN mengurangi penggunaan BBM sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Pemerintah juga mengadakan program bohlam hemat untuk rumah tangga. Ada juga perluasan energi surta yang dinilai murah.

"Para petani akan ada pembuatan rumah sangat murah. Ada pekerjaan alternatif dan tambahan bagi keluarga dan nelayan. Lalu pembangunan SPBU solar, angkutan umum murah dan fasilitas bank," tutur SBY.

"Nah 6 program ini saudara-saudara, akan menjadi kluster keempat dari program pro rakyat. Artinya rakyat membeli sesuatu dengan harga sangat murah dengan sebagian dibantu pemerintah," tukas SBY.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar